Minggu, 11 Maret 2012

Hidup = Kimia part 1

Dunia ini tidak datar dan juga tidak lurus. Dunia ini pun memiliki kedalaman dan dimensi yang tidak terbatas. Setiap level darinya memiliki dasar yang lebih sederhana, lebih dalam, lebih halus, lebih lembut, tidak bisa diraba, tidak konkret, lebih hening dan abstrak (subtil).

Hal seperti ini dapat kita temukan dalam fisika kantum. Untuk mengilustrasikan prinsip ini, ketika memandang ke sekeliling, kita bisa melihat benda-benda padat. Setiap yang mengenyam bangku sekolah menengah atas sejatinya mengetahui bahwa dunia kasat mata ini hanyalah lapisan permukaan. Setiap benda yang terindra terdiri dari atas molekul. Molekul itu sendiri terdiri atas atom. Sementara itu, atom terdiri atas partikel-partikel subatom. Artinya, semesta ini lahir tidak dengan sendirinya. Keseluruhan yang mencakup isi didalamnya diciptakandalam eksitensi yang terjaga melalui keteraturan hukum-hukum alam yang sempurna oleh Sang Maha Pencipta.

Seluruh materi, baik makhluk hidup (organik) maupun tidak hidup (anorganik), diciptakana dari partikel dasar yang dikenal sebagai atom. Terdapat suatu keteraturan sempurna, keseimbangan tepat, dan desain terencana dalam atom. Hal tersebut sebagaimana pula terjadi pada semua materi di alam semesta, termasuk manusia. Kebenaran telah diungkapkan al-quran yang diturunkan lebih dari empat belas abad yang lalu. Seluruh jagad raya berjalan dengan keteraturan yang sempurna karena diciptakan Sang Maha Pencipta yang Maha Sempurna melalui kekuasaan dan ilmuNya yang tidak terbatas.
“Allah telah menciptakan segala sesuatu dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya” (Al-Furrqaan, 25 : 2)

Atom dan subatom sendiri merupakan partikel dasar pembentuk molekul dan menyusun materi alam semesta. Artinya, hakikat materi-materi di alam semesta ini merupakan gumpalan-gumpalan energy yang mewujud, dimulai dari tingkat supermikrokosmos berupa quark, proton, neutron, dan electron. Kemudian menyusun atom dan seterusnya membentuk molekul, baik yang berukuran kecil hingga berukuran besar, bahkan sangat besar seperti benda-benda makrokosmos. Perwujudan, keteraturan, dan keseimbangan sempurna dari seluruh materialam semesta terjaga melalui gaya-gaya fundamental seperti kita kenal, yaitu gaya nuklisr kuat, gaya nuklir lemah, gaya elektromagnetik, dan gaya gravitasi. Sekecil apapun penyimpangan gaya ini akan menyebabkan elektron-elektron terlepas dari inti atom atau lebur kedalam inti atom. Jika hal ini terjadi, berarti atom tidak akana bertahan dan tentu saja alam semesta tidak akan terbentuk.



# Next to Hidup = Kimia part 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar