Jumat, 20 April 2012

Semua itu pasti ada hikmahNya


Gadis berjilbab putih itu baru selesai latihan untuk lomba olimpiade sains nasional minggu depan. Dia seorang siswa SMA yang mempunyai predikat lumayan pintar, aktif, book addict. Hari itu dia di kabari oleh seorang guru akan mengikuti lomba osn itu. Dia mengikuti lomba itu bersama 2 temannya sebut saja RNR dan HU. RNR itu cowo satu-satunya tapi dia bukan yang paling ganteng :D kan masih ada Pembina osn yang cowo. Hari-hari sebelum osn gadis itu sangat sibuk mempersiapkannya ditambah lagi dengan tugas serta ulangan yang numpuk. Gadis itu benar-benar membagi waktu seporsinya pulang sekolah yang cukup sore yaitu jam 4 ditambah latihan olimpiade setelah itu dia harus bimbel membuatnya sampai rumah pukul 7 malam. Lelah memang tapi tidak sebanding dengan kepercayaan sekolah yang dia terima.

Sesibuk-sibuknya dia gadis itu tapi sungguh dia tidak ingin lupa denganNya. Ya sholat mengaji melakukan hal yang sunah itu harusnya sudah tertanam di diri kita masing-masing. Dan walaupun mau lomba gadis itu masih bisa online pada waktu pagi hari sekitar pukul 01.00. kebiasannya untuk bangun pagi bukan hanyak dia gak bisa kalau gak nulis sesuatu :D. Tapi untuk seminggu ini dia terpaksa untuk stop nulis dulu padahal banyak deadline tulisan yang menunggu. Harus konsisten dan tetap bisa bagi waktu.


H-1 lomba tepatnya di malam sebelum lomba gadis itu tidur jam 9 malam karena ayah dan bundanya menyuruh untuk tidur cepat supaya besok bisa mengerjakan soal. Tapi ditengah malam gadis itu terbangun akhirnya dia memutuskan untuk belajar dan sholat. Setelah tidur lagi ini gak biasa gadis itu bangun sangat pagi entah alasannya apa tiba-tiba dia bisa bangun pagi yah walaupun dia dating agak terlambat dari teman-temannya. Semua anak belajar tapi gadis itu tidak sepanjang sebelum lomba dia hanya berdoa minta yang terbaik dan menjawab pertanyaan-pertanyaan 2 rekannya itu.


Lomba itu memakan waktu cukup lama, soal yang menurutnya lebih rumit dan kurang jelas itu membuat dia seketika lemas dan tidak nafsu makan. Gadis itu wudhu jilbab putihnya yang panjang dengan bross bunga yang indah basah sedikit. Dia harus menunggu lama bahkan selesai sholat ashar saja belum diumumin. Dia menunggu sambil membaca doa saat diumumin dan tidak ada namanya dia kecewa tapi dia sangat lebih kecewa jika dari mereka bertiga benar-benar tidak ada yang lolos. Sampai akhirnya nama RNR disebut seketika saja gadis itu bahagia.


Kecewanya adalah ketika semua orang mulai bertanya-tanya dan tidak memberinya motivasi. Gadis itu sangat malu karena sekolahnya tahun lalu terbaik dalam bidang ini. Tapi dia hanya diam dan masuk ke kamar untuk sholat. Bundanya masuk ke kamar gadis itu sambil mengucapkan salam. Bundanya memang hebat rasa kecewanya seketika hilang ketika bundanya berkata “Buat bunda siapapun kamu apapun kamu bagaimanapun kamu kamu itu tetap yang paling hebat untuk bunda. Kamu kalah bukan berarti kamu ga menang sayang tapi ini sebuah awal langkah menuju kemenangan. Walaupun kamu gak juara 1 tapi buat bunda kamu itu selalu nomer 1 dan yang terbaik” gadis itu langsung memeluk bundanya dan mereka tidur bersama malam itu.


Yang parah karena tidak sekolah satu hari itu membuat gadis itu harus menyusul ulangan 4 mata pelajaran sekaligus dihari itu dan sudah dipastikan dia malamnya tidak belajar karena kecapean dan rasa kecewanya itu.


Gadis itu tetap aktif dalam grup dan komunitas osn walupun dia tidak menang bahkan dia mencari informasi untuk RNR maju ke selanjutnya. Bundanya yang berfikir Gadis itu akan nangis sangat terkejut ketika gadis itu mengeluarkan dn mengambil semua buku osn. Bunda yang berfikir anak itu akan menjual atau bahkan membuang dan dibakar merasa sangat bangga ketika di tahu anaknya akn meminjamkan bukunya pada temannya RNR yang ikut lomba. Hari-hari gadis itu sekarang lebih banyak menulis disbanding berkutik dengan kimia karena banyak deadline yang harus dikejar. Dia merasa gembira walupun tidak menang semua pasti ada hikmahnya kalau saja menang dia tidak akan dating untuk acara penulis dan Indonesia mengajar. Kalau menang pasti akan semakin sibuk dan banyak lupa sama nulis. Dan gak akan bisa ngerjain job nulis. Karena kalah lomba itu gadis itu ingin sekali nanti mempunyai seorang siswa yang menang olimpide tingkat internasional :)


Gadis berjilbab itu tidak pernah lupa dengan kata-kata ini setiap dia gagal “mungkin Dia sudah menyiapkan sesuatu yang lebih baik dari itu. Mungkin Dia ingin berkata kalau itu bukan usaha termaksimalmu, Dia tau kamu bisa lebih dari itu. Mungkin sesuatu yang kau usahakan itu memang bukan yang terbaik untukmu” ^_^ atau kalian yang sedang gagal dalam sesuatu bisa buka surat Yusuf [12]: ayat 87, ali-Imron [03]: ayat 139, al-Imron [03]: ayat 200, al-Baqoroh [02]: ayat 45, al-Baqoroh [02]: ayat 216.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar