Kamis, 06 Februari 2014

Sejarahnya Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Apa sih SNMPTN? SNMPTN bukan sebuah kata yang asing lagi ditelinga anak kelas 3 yang akan menambah gelar "SISWA" menjadi "MAHASISWA". Tulisan ini hanya menambah pengetahuan tentang SNMPTN :)

Mungkin banyak anak kelas 3 yang bertanya "Kak, aku mau kuliah di Universitas Impian jurusan ini kak tapi nilai aku ga terlalu bagus kak" atau ada yang nanya begini "Kak, aku bingung mau pilih Universitas apa padahal sekarang udah deket mau SNMPTN kak.
Baguslah kalau bertanya seperti itu asal jangan nanya "Kak aku gatau kak mau kuliah dimana, pilih PTN apa, apalagi jurusannya".
Hah? Gila udah didepan mata masih gatau mau kuliah dimana dan jurusannya apa -__- Atau yang lebih parah pas aku tanya "Mau jadi apa emangnya kamu?" dia jawab "Gatau kak masih bingung" *dubrak* nguras kolem aja deh itu mah :D AHAHAHAH

Tapi ini perkara serius, ini tentang masa depan kalian nantinya. Ini bukan cuma untuk kalian, tapi ini untuk kedua orang tua kalian :')

Pertanyaannya adalah "Apa kalian serius mau masuk lewat jalur undangan ini? SNMPTN?"
Kenapa kakak mesti nanya begitu karena mungkin kakak adalah satu dari persekian ratus ribu siswa yang ga serius dengan SNMPTN :)
Hah? Kenapa Kak?

Yap, menurut aku SNMPTN ini ibarat beli ciki yang kalau kalian lagi beruntung kalian bisa dapet hadiah. Tapi kalau lagi ga hoki? atau dewi fortuna ga lagi bersama kalian ya siap aja dapet kata MAAF :)
Dan buat seorang Faizah SNMPTN ini adalah "Gantung impian dan cita-cita kalian setinggi-tingginya suatu saat impian itu akan menjadi nyata".
Fikiran aku selanjutnya adalah >>> So, apa yang harus dilakukan siswa? Nggak usah pikirin undangan, pilih jurusan yang kamu inginkan, daftar trus lupakan, anggap diri kamu nggak diterima aja, supaya kamu siap-siap buat ujian SBMPTN sebagai “point of no return” kamu.
Kenapa saya bilang sepeti itu? Kalian gamau kan diPHPin sana SNMPTN? Yaudah, makannya jangan terlalu banyak berharap sama SNMPTN nantinya yang ada malah kecewa terus nangis nangis. Mending kalian belajar dan persiapkan SBMPTN secara matang. Belajar dari sekarang! Inget SBMPTN bukan cuma angkatan kalian saingannya bukan seprovinsi tapi NASIONAL dan kakak kakak kelas kalian yang 1tahun atau bahkan 2tahun ini sudah mempersiapkan dengan matang.

Terus gimana kak kalau aku emang pengen keterima lewat SNMPTN? Aku males kak belajar lagi. Yaudah peluang untuk kalian banyak kok tenang aja, kalian pilih Universitas yang ga "Famous" begitupun dengan jurusannya. Santai aja orang kaya gini ga cuma 1 atau 2 tapi tipe begini banyak kok :D

1 pesen Kakak SNMPTN bukan permainan yang seenaknya bisa kalian mainin. Jangan pernah kalian milih jurusan yang ga kalian suka cuma karena GATAU KAK MAU MILIH JURUSAN APA LAGI! Terus pas kalian dapet kalian tolak *hebat* Hei, inget kalian ga suka belum tentu orang lain juga ga suka banyak siswa yang milih jurusan yang kalian dapat tapi malah kalian tolak! Bahkan ada ribuan siswa yang nangisin jurusan itu! Kalian ga pernah tau kalau itu berpengaruh untuk adek kelas kalian yang nantinya akan masuk Universitas dan dengan jurusan itu. Fikirin baik-baik!!!!!

Apa yang harus dilakukan?
1. Doa. Ini hal yang terpenting untuk apapun terutama doa orang tua.
2. Usaha. Percuma kalau kaliah cuma berdoa tanpa usaha atau sebaliknya.





Maka akan ada,
Setiap ada gaya aksi, maka akan selalu ada gaya reaksi yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan.



FAksi = -FReaksi
 










Masih ada lanjutannya lho ;)
Waiting for Part Two :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar